Ikan Baik bagi Perkembangan Otak Bayi

UNTUK mendukung perkembangan syaraf otak bayi Anda, berilah ia banyak ikan. Karena, bayi membutuhkan banyak yang bermanfaat juga untuk perkembangan syaraf, dan mata. Beri ikan di saat si kecil berhenti mengonsumsi air susu ibu dan mulai beralih ke susu formula.

Ahli gizi Susan Brewer dari Universitas Illinois mengutarakan bahwa anak akan mulai memilih-milih makanan saat ia berusia lima tahun. “Untuk itu, ada baiknya para orang tua mulai membiasakan anak menyukai makanan laut sejak awal,” kata Brewer.

Ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 di antaranya jenis salmon memiliki banyak manfaat dalam mencegah penyakit arteri koroner. Maka itu, tak mengherankan bila para ahli gizi menyarakan agar orang dewasa juga mengonsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu.

“Makanan bayi yang terbuat dari ikan memang telah banyak tersedia di pasaran Asia dan kini telah berkembang ke pasar Inggris dan Italia,” kata Brewer.

Bersama dengan Profesor Peter Bechtel Universitas Illinois, Brewer mengadakan penelitian guna membuat produk makanan bayi dari salmon. Ia mengadakan uji coba menggunakan salmon merah dan merah muda (pink) dan menemukan ternyata salmon merah lebih baik karena mampu bertahan lama dalam proses produksi makanan bayi.

Lebih lanjut, untuk mengetahui kandungan nutrisinya, sebuah uji coba terpisah dilakukan dengan memasukkan tulang dan telur salmon.

Sintesis DHA Bahan pertama yang berupa bubuk hasil gilingan tulang salmon menyediakan kalsium dalam bentuk yang siap diserap tubuh bayi untuk pertumbuhan tulangnya. Bahan kedua yakni protein berkualitas tinggi dan mengandung vitamin D serta asam lemak omega 3, khususnya asam docohexaenoic (DHA). “Bayi yang baru lahir memiliki 50 persen DHA,” kata Brewer.

Namun, jelas Brewer, bayi dan balita belum memiliki hati yang matang dalam menyintesis DHA guna memastikan kecukupan suplai bagi perkembangan jaringan syarafnya. Bila balita memang mesti mendapatkan DHA, ia mesti mengasupnya lewat makanan yang ia telan. (Pri/OL-06)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com 

Makanan laut atau seafood sering disebut-sebut sebagai makanan paling menyehatkan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Namun, seiring dengan waktu, kandungan nutrisi pada seafood terncam dengan makin meningkatnya ...
Jika saja kapsul minyak ikan diberikan kepada pasien sakit jantung, mungkin 10 ribu nyawa dapat diselamatkan setiap tahun, kata para dokter seperti dikutip dari Dailymail. Sebuah ulasan telah mengungkap bahwa suplemen ...
Hormon stres "cortisol" pada rambut mungkin menjadi peramal kuat akan datangnya serangan jantung dalam hitungan bulan , kata beberapa peneliti Kanada di jurnal "Stress". Masalah seperti pekerjaan, rumah tangga atau keuangan, ...
KOLESTEROL berperan dalam menjaga fungsi tubuh. Tidak hanya membantu tubuh membuat vitamin D, kolesterol baik HDL juga penting untuk membantu penyerapan asam lemak esensial dan produksi hormon-hormon seks. Akan tetapi, ...
Sayangi Jantung, Kurangi Lemak dari Gorengan
Berdasarkan statistik, sekitar 17,5 juta orang per tahun meninggal akibat penyakit yang menyerang jantung dan pembuluh darah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menyatakan penyakit kronis seperti penyakit jantung menjadi penyebab ...
Bahaya Merkuri pada Seafood
Senjata Ampuh Lawan Gagal Jantung
Rambut Anda Petunjuk Serangan Jantung
Lima Makanan Penurun Kolesterol Jahat
Sayangi Jantung, Kurangi Lemak dari Gorengan