Menkes Tekankan Pentingnya Academic Health System

Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek mendorong agar konsep Academic Health System, Academic Health Center dilaksanakan untuk melakukan pergerakan ke arah pencegahan. Konsep tersebut dilakukan dengan integrasi pendidikan kedokteran dengan rumah sakit pendidikan dan rumah sakit perguruan tinggi.

”Kami sudah menetapkan Academic Health System, Academic Health Center akan dilakukan di lima rumah sakit di Indonesia, di antaranya di RS Adam Malik, dan RSCM. Kami menginginkan karena RSCM ini adalah tempat dimana semua yang tidak dapat diobati akan dilarikan ke RSCM,” kata Menkes Nila Moeloek di RSCM, Jakarta, Sabtu (4/11).

Selain itu, lanjut Nila, peran Puskesmas sangat penting dan harus bisa menahan 144 penyakit agar tidak dirujuk ke rumah sakit. Puskesmas harus proaktif dengan mendatangi setiap keluarga.

”Puskesmas di DKI misalnya yang sudah melakukan dengan yang namanya ketuk pintu layani dengan hati. Dari data yang kami peroleh, Jakarta yang sadar akan kesehatan hanya 32 persen. Tapi angka ini masih labil karena masih berjumlah hampir tiga juta keluarga yang harus didata se-nasional,” ujar Nila.

Pengembangan Academic Health System, Academic Health Center untuk RS tipe A ini dilakukan dengan bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Pengembangan ini diharapkan akan meningkatkan kapasitas RSCM dan kerjasama antar profesi untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

”Tugas RSCM dan FKUI harus bekerja sama untuk tetap mewujudkan Academic Health System, Academic Health Center karena kita harus terus membangun kemajuan keilmuan yang kita miliki,” ungap Nila.

Jika Academic Health System, Academic Health Center diterapkan, akan dilakukan berbagai penelitian terkait penyakit beserta pengobatannya. Nila mengatakan bahwa dirinya tidak ingin ada masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri sementara dokter di Indonesia sudah sangat memadai.

Di ulang tahun RSCM ke-98 tahun ini, Nila meminta Direktur RSCM ketika rumah sakit ini berusia 100 tahun untuk mempublikasikan capaian apa saja yang telah didapat. Misalnya, ungkap Nila, dahulu pengobatan malaria hanya memberikan obat-obat penurun panas, hanya sampai demikian. Tapi sampai saat ini RSCM sudah melakukan implantasi koklea, bahkan sebanyak 130 bayi yang berhasil ditolong.

”Saya akui itu bukan pekerjaan mudah. Saya juga terkesan dengan penyakit langka yang harus dilakukan penyelesaiannya di RSCM. Barangkali ini bisa kita kaji, kita kasih lihat kepada masyarakat,” ungkap Nila.

Upaya-upaya di sektor kesehatan merupakan tanggung jawab Kementerian Kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. ”Ini tugas kami untuk melakukan pencegahan agar jangan sampai masyarakat jatuh sakit apalagi ke stadium yang lanjut,” kata Nila. (Sumber: Kementerian Kesehatan

Limbah Rumah Sakit jangan sampai jatuh ke tangan masyarakat
Beberapa waktu lalu, pemberitaan mengenai sampah medis yang ditemukan di pasaran sebagai mainan anak-anak, menjadi perhatian publik. Seperti diketahui bahwa seharusnya sampah medis seperti alat infus, alat suntik, dan sarung ...
Penderita Hepatitis Harus Rajin Harus Disiplin Minum Obat
Dalam rangka memperingati Hari Hepatitis Sedunia, Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Seminar Hepatitis di Kantor Kemkes, Jakarta (28/07). Acara yang dibuka secara resmi oleh Menteri Kesehatan RI, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, ...
Yang Berisiko Meninggal Mendadak Akibat Jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh masyarakat. Beberapa orang bisa bertahan dari penyakit jantung sementara yang lainnya tidak. Apa saja yang membuat seseorang berisiko meninggal mendadak ...
Nurul Hidayati – detikcom Jakarta - Semakin maju zaman, semakin kreatif perusahaan rokok menciptakan produknya. Salah satunya rokok mild. Ada juga yang menjulukinya rokok light. Rokok ini diklaim rendah tar dan ...
A doctor giving a child an injection
Senin, 11 Desember 2017 Prov. Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat akan mulai melaksanakan ORI (Outbreak Response Immunization). Langkah ini dilakukan sebagai respon cepat terhadap berkembangnya kasus difteri di Indonesia. Dirjen ...
Limbah Rumah Sakit jangan sampai jatuh ke tangan
Penderita Hepatitis Harus Rajin Harus Disiplin Minum Obat
Yang Berisiko Meninggal Mendadak Akibat Jantung
Rokok Biasa Atau pun Mild Sama-sama Bikin Remuk
Meningkatnya Kasus Difteri, 3 Provinsi Sepakat Lakukan Respon